Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunas Dana Desa (BPLTDD) Sebanyak 125 KPM oleh desa Ciomas

  Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung

Tunas Dana Desa (BPLTDD)

Sebanyak 125 KPM oleh desa Ciomas


          Pemerintah Desa Ciomas, kecamatan Ciomas, kabupaten Bogor melaksanakan musyawarah Desa khusus (Musdesus) guna penetapan calon keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022 dikantor Desa setempat

           BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus

Pelaksanaan pembagian uang tunai itu bersamaan dengan vaksinasi dosis 1,2 dan Booster bagi warga yang belum vaksin. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Sukaharja pada Kamis (24/03).

Dipimpin Kepala Desa Ciomas, musyawarah turut dihadiri Camat Ciomas, Ketua BPD beserta anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping Desa, perangkat Desa, tokoh masyarakat serta keluarga penerima manfaat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Ciomas, H. Jaja Gojali menyampaikan lebih rinci tentang kriteria keluarga penerima manfaat BLT DD serta alokasi Dana Desa yang digunakan untuk BLT DD tahun 2022.

Kepala Desa (Kades) Sukaharja, Rahmat mengatakan, penerima BLT DD saat ini mendapatkan uang tunai sebesar Rp600 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Ada 118 KPM yang menerima bantuan saat ini. Untuk satu tahapnya warga menerima Rp300 ribu. Karena ini dua tahap, Januari dan Februari totalnya jadi Rp600 ribu per KPM,” katanya di sela-sela kegiatan pembagian bantuan dan vaksin.

Rahmat mengungkapkan, para penerima BLT itu merupakan warga yang memang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan.

“Sebetulnya jumlah warga yang belum dapat sama sekali ada 380 orang. Namun saat ini hanya bisa terealisasi sebagiannya saja. Mudah-mudahan nanti bisa terpenuhi semua,” ungkapnya.

Kades Sukaharja juga menjelaskan, bahwa kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat.

“Kita juga menggelar vaksinasi. Jadi, bagi warga penerima bantuan yang belum di vaksin, kita minta untuk vaksin baik dosis 1,2 maupun Booster,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, Rahmat berharap dapat membantu masyarakat Sukaharja di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.

“Alhamdulillah pelaksanaan pembagian uang tunai dan vaksinasi berjalan lancar. Tentunya lancar kegiatan ini tidak terlepas dari peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang terus memonitor kegiatan hingga selesai,” pungkasnya.

Lanjutnya, setelah dilakukan pencermatan maka diperkenankan mengajukan usulan KPM BLT DD tahun 2022 sesuai kriteria untuk kemudian dibahas bersama-sama dengan peserta Musdesus.

Dalam musyawarah itu setelah semua peserta mengajukan usulan KPM BLT DD maka dilakukan pencermatan bersama penerima BLT DD tahun 2022.

        Pembagian bantuan BLT DD yang berlangsung di Desa Ciamos ini sudah terlaksana dari awal Covid – 19. Sampai saat ini, sudah banyak tahap BLT DD yang dilaksanakan.

        Tentu saja program ini bertujuan membantu warga saat – saat pandemi, apalagi banyak pekerja yang di PHK atau dipecat karena pengurangan karyawan. Apalagi para wirausaha – wirausaha yang mungkin hampir gulung tikar atau memang sudah bangkrut.

        Krisis ekonomi di masa Covid – 19 memang banyak memakan korban, dari ditinggal oleh keluarga tercinta, serta kehilangan mata pencaharian.

       Program bantuan BLT DD di Desa Ciomas, Bogor adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk warganya. Karena yang diketahui, bahwa tidak semua warga mendapatkan bantuan sosial saat Covid – 19. Maka dari itu, pemerintah memberikan bantuan tambahan dalam bentuk Program Bantuan BLT DD

       Dengan bantuan ini, pemerintah berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan kebutuhan sehari – hari warga Desa Ciomas.

       Mungkin dalam melanjutkan usaha nya, atau menciptakan usaha baru yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen sekitar Desa Ciamos, Bogor.

       Pada program BLT-Dana Desa memiliki sasaran penduduk miskin yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja. Diharapkan penerima BLT-Dana Desa tepat sasaran dan tidak ada yang mempermainkan dana tersebut. Dan bagi penerima manfaat BLT-Dana Desa dapat terbantu kehidupan ekonominya.


.


Comments